Selamat membaca !

"Semoga bermanfaat, anda boleh mengutip sebagian artikel di blog ini, dengan syarat wajib mencantumkan akun ini dan penulisnya sebagai sumber rujukan, terima kasih.."

Senin, 05 September 2011

Resensi : Nurani, Membedah Sosiologi Mainstream di Indonesia


Oleh : Saddam Cahyo*

Patut disyukuri, dunia keilmuan sosial di Indonesia kini mulai memperoleh sambutan dan peran yang cukup penting bagi seluruh kalangan masyarakat. Sosiologi sebagai induk dari seluruh ilmu pengetahuan sosial tentu pula merasakan berbagai progress atau kemajuan dalam perkembangannya di tengah bermunculannya kompleksitas problema sosial khas corak masyarakat transisi industrial kapitalistik Negara dunia ketiga.  

Nurani Soyomukti, seorang dosen muda yang dikenal produktif menulis dan memiliki pandangan progresif terhadap dinamika masyarakat kontemporer. Buku Pengantar Sosiologi yang ditulisnya kali ini menjadi penting tak hanya dalam konteks  perkembangan keilmuan saja tapi juga karena di dalamnya dilengkapi analisa perubahan sosial dalam masyarakat Indonesia terkini maupun dinamika masyarakat global. Pola penjelasannya memiliki pola yang berbeda dari Buku Pengantar Sosiologi kebanyakan yang terkesan sangat kaku, ia berhasil menyampaikan poin-poin pokoknya dengan penjelasan analisa yang utuh  dan luwes, khas semangat muda sehingga buku ini tidak kering.

Sebuah kalimat penutup yang penting adalah “Tidak ada satupun cabang ilmu sosial yang mengabaikan perkembangan ilmu sosiologi, kecuali ilmu itu menghendaki posisi berbahaya karena ilmu itu akan kehilangan sentuhannya terhadap realitas sosial yang dinamis sehingga ketumpulan dan kesempitan analisa melekat padanya.” Dan masih banyak pembahasan menarik dalam buku ini yang mencoba membedah pola-pola lama.
_____________
Kotak Labirin, 24 Januari 2011

*) Dimuat dalam "SOCIETAS" Buletin HMJ Sosiologi Unila Edisi Februari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar